Skip to main content

Teruntuk sahabatku, yang tersesat dalam zona nyamanmu!



Ketika wanita jatuh cinta.... Kepada sahabatnya.

Apa yang terjadi ketika seseorang jatuh cinta? Katanya jatuh cinta itu indah, bahkan kotoran saja bisa berasa coklat untuk seseorang yang jatuh cinta. Namun kali ini aku benar-benar menolak berkomentar deh, bagiku kotoran adalah kotoran dan coklat adalah coklat.
Namun kita tidak pernah menduga atau merencanakan kepada siapa kita jatuh cinta, sesuatu yang bernama cinta itu bisa saja muncul entah karena itu terbiasa, kenyamanan atau muncul secara tiba-tiba. Siapa yang tahu? Dan tidak ada yang bisa disalahkan.
Lalu bagaimana jika jatuh cinta pada sahabat? Beberapa orang bilang bahwa jatuh cinta paling indah itu adalah jatuh cinta kepada sahabat. Terlebih jika gayung bersambut. Bagaimana tidak? Apa yang lebih indah dari pada mencintai orang yang kita tahu boroknya, paling dekat dengan kita, dan mengenal kita sama baiknya dengan kita mengenal dia. You almost no need to learn anymore. Adaptasinya engga perlu lama.
 Namun tak sedikit yang bilang bahwa jatuh cinta pada sahabat itu menyakitkan. Gayung bersambut pun tak lantas membuat segalanya menjadi mudah. Terlebih yang bertepuk sebelah tangan. Akan ada banyak ketakutan-ketakutan yang tersimpan dari rasa diam-diam ada. Rasa takut kehilangan, takut saling menyakiti, takut persahabatannya berakhir, takut tidak bisa  seperti dulu lagi, dan berbagai macam ketakutan lainnya.
Bahkan ada yang percaya bahwa ketika jatuh cinta, jadilah apapun asal bukan sahabatnya. Karena sahabat itu seperti asimtot garis dalam matematika. Asimtot adalah garis lurus yang makin didekati oleh suatu lengkungan, tetapi tidak pernah dipotong (KBBI). Sahabat itu seseorang yang bahkan kadang lebih dekat dari pada orang tua kita sendiri, tapi posisinya sulit untuk lebih dekat lagi. Hubungannya udah gitu aja.
Disinipun aku ingin menuangkannya, setelah apa yang aku dengar dari sudut ruang hati seorang teman perempuaku. Sebut saja namanya Langit. Singkat cerita,Langit jatuh cinta pada sahabat dekatnya Bumi. Jatuh cinta diam-diam yang  lama ia simpan sendirian sejak pertama Langit bertemu dengan Bumi dan mereka masuk dalam sebuah percakapan dan ternyata nyambung, ada hal yang beda disaat itu, kata langit kepadaku yaitu “Nyaman”. Langit terlalu mengenal Bumi, Langit tahu persis Bumi tipe pria seperti apa.Bumi memang susah di tebak ia tenang, diam dan menghanyutkan namun setenang apapun Bumi ia bercerita tentang semua kisahnya kepada Langit. Langit tahu kepada siapa Bumi menaruh hati,Langit tahu Bumi bukan tipe Pria yang gampang jatuh cinta pada wanita, setelah cerita yang selalu didengarkan oleh Langit dari pengakuan Bumi sendiri. Akan tetapi ada waktu dimana semua itu terbantahkan, ketika Bumi bilang ia baper kepada seseorang yang jelas-jelas baru ia kenal. Aku mengerti perasaan Langit saat itu seperti apa. Terpecah Belah, namun Langit masih bisa menyembunyikannya diam-diam.


            Namun wanita jatuh cinta karena terbiasa, bagaimanapun hubungan mereka hanya sebatas persahabatan walaupun banyak mulut yang mengatakan ada tanda kutip diantara mereka. Langit mulai merasa cemburu, rindu, dan bumbu-bumbu lain cinta macam itu. Langit tahu dia sedang diam-diam merusak persahabatan yang telah mereka dirikan bersama. Dan pada suatu hari setelah semuanya berjalan, Langit tahu jika Bumi mengetahui perasaannya, setelah itu semua tak akan lagi sama . Ketika dijebak dalam pilihan untuk membohongi diri sendiri atau kehilangan sama sekali, kadang wanita lebih memilih untuk memendam perasaannya dalam-dalam.
            Lagipula, ketika kebanyakan wanita yang bisa ia lakukan hanyalah menunggu, wanita itu lautan rahasia yang sangat dalam. Dia bisa membohongi dirinya sendiri lebih baik dari pada pria manapun. Wanita tertentu lebih suka menikmati rasa sakit dari jatuh cinta diam-diam daripada kehilangan harga dirinya dengan mengutarakan perasaan deluan. Pun Langit.
Namun ada suatu hal terjadi diluar dugaan. Bumi akhirnya tahu apa yang diam-diam Langit sembunyikan dari dirinya. Bumi akhirnya tahu tentang perasaan Langit kepadanya, Bumi mengetahuinya dari beberapa orang yang mengetahui perasaan Langit kepadanya. Lalu,Langit mengetahui  bahwa Bumi tahu tentang perasaannya.
Mereka lalu terjebak dalam canggung yang aneh, Dimana Langit tidak berani mengatakan kalau tahu Bumi sudah tahu, sementara Bumi entah dengan alasan apa memilih bungkam. Pada suatu malam dimoment yang pas, Langit mengajak Bumi untuk berbicara berdua saja. Langit bertanya kepada Bumi “Kamu sudah tahu” lalu Bumi menjawab, Iya sudah. Dari si anu. Namun, langit menyangkalnya dengan keras, ia gengsi, lalu Langit mengatakan sesuatu kepada Bumi “Bahwa persahabatan mereka itu pure seperti air mineral, tidak ada embel apapun, tidak ada unsur gula, kopi, atau teh didalamnya” Langit berbohong dan ia membuat alur yang rumit untuk dirinya sendiri, ia terlalu munafik dan takut untuk mengatakan yang sebenarnya lalu memilih bungkam, bergulat dengan perasaannya dan memendamnya diam-diam sendirian.
            Langit mencoba untuk bertukar fikiran dengan teman terdekatnya, mereka bilang “Nyatakan saja apa yang kamu simpan” Memalukan memang. Namun cinta itu macam Vodka. Makin lama disimpan, makin memabukkan ketika ditenggak. Makin nikmat. Pun menyakitkan. Kepalang basah. Bumi pun kadung tahu. Hubungan merekapun kadung rengang tidak seperti dulu, tidak pernah bareng-bareng lagi kecuali memang harus benar-benar bareng karena ada sesuatu yang harus diselesaikan oleh urusan tertentu, tidak pernah ada komunikasi  atau saling curhat satu sama lain lagi tidak ada lagi canda tawa seperti dulu, atau saling memberitahu kesibukan masing-masing atau saling sharing tentang kegiatan apasaja bahkan ketika bertemupun kadang tak saling sapa. Langit terlalu gengsi untuk memulai apapun dalam urusan perasaan.Ya, hidup Langit memang penuh gengsi.Namun Langit tahu, tak akan banyak bedanya jika Langit mengungkapkannya, Langit bisa melepaskan apa yang diam-diam dia simpan. Paling tidak Langit bisa meluapkan apa yang selama ini dia tahan. Kalaupun harus kehilangan toh Langit pun bisa melepas Bumi dengan perasaan lega.
Entah mana yang lebih menyakitkan : mencintai orang yang tidak mencintai kita, atau  saling mencintai tapi tak saling tahu. Yang aku tahu pasti, lebih menyakitkan ketika saling mencintai dan saling tahu, namun dengan begitupun masih tetap tidak bersama. Duh, haha ngomong apasih.
Kembali lagi dalam persoalan Langit, Namun ketika wanita jatuh cinta .... kebanyakan dari mereka lebih suka menunggu. Meski tanpa jaminan tenggat waktu, Terlebih jika cintanya jatuh pada sahabatnya sendiri. Bahkan setelah ia tahu jika sahabatnya tahupun, kebanyakan wanita lebih memilih menunggu daripada mengutarakan. Dan kebanyakan juga memilih menyangkalnya agar persahabatan mereka tetap terjalin dengan baik, lalu ber lagak seolah semua baik-baik saja, seolah tidak menaruh perasaan apapun ketika sedang jalan berdua, dan semuanya di setting sedemikian rupa demi menjaga persahabatan. Padahal, in deep down it’s gonna hurt after you pass it when you walk with him.
Entahlah. Jatuh cinta itu rumit bagi kebanykan wanita. Atau hanya wanita kuno macam aku dan Langit? Bisa jadi. Entahlah.
Tapi yang pasti aku ingin tahu Alur apa yang akan terjadi jika malam itu Langit mengungkapkannya dan tidak menyangkal ataupun berbohong tentang perasaannya sendiri. “Dalam nya laut dapat diukur, dalamnya hati siapa yang tahu”



                                                                                                Bandung, 24 Desember 2016
Firly Yunanda
Teruntuk gadis yang sedang menunggu entah siapapun kalian, semoga lekas akrab dengan rindu. Semoga ia yang kau kagumi diam-diam segera tahu bahwa beberapa wanita percaya prialah yang seharusnya memberikan pernyataan, bukan sebaliknya. Semoga.

Comments

Popular posts from this blog

Essay & Analisis cerpen " The will of Allah"

Cerita pendek yang berjudul “ The will with Allah” itu bercerita tentang 2 orang yang bernama sule dan dogo dimana mereka adalah seorang perampok yang biasa merencanakan kejahatan terhadap sebuah rumah. Cerita ini berlatar tepatnya di Nigeria. Cerita ini ditulis oleh David Owoyele dimana david sendiir adalah seorang berkebangsaan Afrika dan pada tahun 70 david menulis cerita pendek ini dalam bahasa inggris, dan cerpen ini juga termasuk dalam Anglophonic ( Cerita yang berbahasa inggris dan bukan dari brtish).             Dalam cerita ini tokoh yang dilakoni oleh sule memiliki keyakinan yang kuat terhadap tuhannya, dimana ketika ia melakukan sesuatu, ia selaluu mengaitkannya dengan keyakinan. Bahkan saat ia ingin melakukan pencurian ia juga bahkan berpegang teguh terhadap keyakinannya, ia berprinsip bahwa hidup itu adalah kehendak allah dan pekerjaannya sebagai seorng perampok itu sudah dalam takdir tuhan. Dalam hidupnya ia sellau memasrahkan keadaan terhadapa tuhannya, misalnya

UTS Short Story BSI'13 UIN SGD BDG

Firly Yunanda Damanik 1135030088 Class-3C UTS 1.       A. “Indian camp” menceritakan tentang seorang anak   bernama Nick dan ayah nya yg berprofesi sebagai dokter yang sedang ingin pergi memancing. Ketika mereka berhenti disebuah danau, nick melihat ada sebuah percampingan dan diantara orang-orang camping itu salah satu dari mereka datang meminta pertolongan dan Nick un mendatangi ayah nya untuk menyampaikan jika ada diantara org yang berada di camp itu meminta pertolongan kepadanya.   Ayah Nick pun mendatangi camp tersebut, ternyata ada seorang wanita indian yg sedang akan melahirkan. Tanpa berfikir panjang ayah Nick langsung melakukan pertolongan kepada wanita indian tersebut hal itu disaksikan langsung oleh Nick. Nick bertanya pada ayahnya, apa yang terjadi pada wanita itu ayah, ayah nick mengatakan jika wanita itu akan melahirkan sebuah bayi, Ayah nick memerintahkan nick untuk segera mengambil air hangat dan keperluan sebagainya. Wanita yang ingin melahirkan tersbut t

Lantas, Kita Harus Bersyukur

            Setelah beberapa tahun yang lalu, masih sama di bulan ramadhan. Beda nya waktu itu bukan di depan umum, tapi secara pribadi seorang bapak yang datang kesekolah karena kasus anaknya yang selalu menggunakan sepatu bewarna , ternyata beliau tidak memiliki uang untuk membelikan sepatu, lalu curhatan demi curhatan pun muncul. Hari ini mungkin dalam waktu yang sama, dan lagi-lagi mungkin tuhan ingin menunjukkan seberapa besar kita harus bersyukur. Sore ini tepatnya dalam sebuah rapat pertemuan orang tua wali murid, guru yang bersangkutan dan murid kelas 6 SD. Pada saat itu, kebetulan aku diundang untuk mendampingi ibu   Nur dalam menyampaikan hasil Kelulusan Ujian Nasional.Aku duduk disebalah ibu Nur,ku lihat dari setiap sudut bola mata yang hadir di depan ku penuh cemas dan harapan. Ada harapan-harapan yang indah disana, terlebih harapan akankah buah hati mereka mampu merubah hidup yang penuh lika liku ini. Lalu setelah kata demi kata muncul dari ibu Nur, tibalah pada sesi a