Skip to main content

Jadi, Filosofi "Cinta" itu Apa?



Hari ini gue mendengar beberapa opini tentang cita dari beberapa temen gue yang awalnya hanya nongkrong atau ngumpul di tempat biasa tp yg endingnya malah berdiskusi tentang cinta. Hal ini dimulai dr temen gue sebut saja G, G nanya kenapa cowo itu pada dasar nya suka PHP ( Pemberi Harapan Palsu) dan temen gue sebut S menjawab sebenarnya kata PHP itu sih ngga ada tapi cewenya aja yang terlalu” ngarep” sebagai pendengar yang baik gue ngerasa tersindir berat, ngedengar kata “ngarep” itu nyes banget rasanya. G menjawab lagi seolah-olah cowo adalah subjek yg patut disalahkan saat itu. Kita itu wanita, ngelakuin apapun pasti makai perasaan, kalo ngeliat respon cowo yang yaah bisa dilihat lah udh kaya pacaran tp endingnya mah yagitu ngga pasti. Perkataan G bener-bener menyudutkan posisi laki-laki pada saat itu.
Mendengar perbincangan diantara G dan S, yang lain pun nimbrunghingga yang tadi Cuma ngebahas soal PHP, malah lari menuju eksistensi cinta, temen gue L tiba2 ngomong jika “ Cinta itu ngga harus dengan pacaran, cinta yang sebenarnya itu adalah dimana kamu memenuhi apa yang tidak terpenuhi pada dirinya dan kamu mampu memenuhinya, lihat aja kalo orang pacaran galaulah, kecarian lah, ngapain pacaran kalo masih galo, mending KJAD ( kita alani aja dulu) karna orang yang pacaran ngga akan pernah merasa puas dan ia akan mencari dan terus mencari layaknya pemburu. Karna setelah putus bakal ada mangsa baru dan putus lagi lalau begitu seterusnya. Lagi-lagi gue Cuma bisa ngedengerin dengan seksama dan pada akhirnya nuangin semua di tulisan ini-,-

Selain temen gue L yang lain juga ngeluarin opiniya tentang arti cinta mencintai sampe-sampe ngeluarin kata-kata dari imanuel kant, entahlah gue pusing. Selain itu ada hal menarik dr pembicaraan ini, dimana temen gue G tadi ngomong ama temen gue M, M ini emang terkenal suka nge PHP-IN cewe-cewe, dulu di semester 1 ditiap kelas dari A-F itu M punya kecengan, tp ya mungkin cewe-cewe udah pada tau dia makanya hanya ada beberapa cewe yang bertahan hingga sekarang, gue sendiri saksi hidup curahan hati para cewe2 yang digait si M. G bertanya pada si M, kenapa dia sampe sekarang ngga jadian aja sama T, ya sebut saja namanya T. Dan kenapa malah ngedekatin H dimana H adalah temen sekelas.
M menjawab panjang lebar mengapa ia begini mengapa ia begitu, mengapa ia tidak pacaran, M beranggapan kalo pacaran itu diibaratkan seperti kita membeli barang, kalo kita udah bosan dengan barang yang lama dan produk baru kelar pasti kita ingin membeli yang baru, dan M juga ngejelasin kalo ketika dia dekat atau baik kepada seseorang bukan berarti dia bermaksud PHP, tp emang udah seharusnya manusia itu melakukan kebaikan kepada sesama bukan? Namun disini, wanita sering sekali menanggapi hal ini berlebih. Jleeeeebbbb gue ngerasa tersindir, tp ya gue tetap aja ngedengerin celoteh dan opini mereka dengan seksama.
Entah apalagi pendapat yang keluar, bahkan ada temen gue si J yang mengatakan bahwa pacaran itu sebenarnya bukan karna mencintai namun nafsu. Kalo nafsu kenapa mesti yang pacaran, banyak juga yang ngga pacaran tp malah seperti itu dan ada juga yang bilang kalo benih dari mencintai itu adalah nafsu. Ah entahlah gue bingung makin lama pembahasan anak-anak ini entah kemana. Dan sebagai pendengar sendiri gue Cuma bisa diam dan menyimak karna gue pernah berada di posisi dimana gue di PHP dan gue ngerti gimana rasanya, guejuga ernah berada diposisi dimana lu baik ama seseorang tp kebaikan lo dianggap lainnya olehnya padahal lo Cuma nganggap dia sebagai temen dan ketika dia berani atau dengan pedenya ngeungkapin perasaannya ke elu , elu terima dia sebagai pacar tapi yatadi kalo emang ngga ngegunain perasaan tetap aja yg tadinya nerima si dia jadi pacar Cuma 3 bullan pasti putus dan ngga galau setelah putus.
                Dan gue semakin ngga paham dengan ini, kenapa disaat lo nyaman dengan seseorang, sayang dengan seseorang, udah benar-benar dekat tapi orang itu tidak meu berkomitment untuk ngejalani hidup dengan lo, dan sebaliknya disaat ada seseorang datang dan selalu ada buat lo tp malah lo nya ngga nyaman dan nyuekin dia gitu aja. Gue ngga ngeti dengan itu semua, seolah-olah yang namanya adil disini itu ngga ada dan ngga ketemu, dan ngga tau kapan 2 orang bersatu saling menyinai dan sama-sama berkomitmen, karn gu sendiri ngalaminnya dan cape dengan teriakan2 para jomblo yang sebenarnya hidup mereka ngga jomblo tp setengah jomblo karn nunggu kepastian.

Comments

Popular posts from this blog

Essay & Analisis cerpen " The will of Allah"

Cerita pendek yang berjudul “ The will with Allah” itu bercerita tentang 2 orang yang bernama sule dan dogo dimana mereka adalah seorang perampok yang biasa merencanakan kejahatan terhadap sebuah rumah. Cerita ini berlatar tepatnya di Nigeria. Cerita ini ditulis oleh David Owoyele dimana david sendiir adalah seorang berkebangsaan Afrika dan pada tahun 70 david menulis cerita pendek ini dalam bahasa inggris, dan cerpen ini juga termasuk dalam Anglophonic ( Cerita yang berbahasa inggris dan bukan dari brtish).             Dalam cerita ini tokoh yang dilakoni oleh sule memiliki keyakinan yang kuat terhadap tuhannya, dimana ketika ia melakukan sesuatu, ia selaluu mengaitkannya dengan keyakinan. Bahkan saat ia ingin melakukan pencurian ia juga bahkan berpegang teguh terhadap keyakinannya, ia berprinsip bahwa hidup itu adalah kehendak allah dan pekerjaannya sebagai seorng perampok itu sudah dalam takdir tuhan. Dalam hidupnya ia sellau memasrahkan keadaan terhadapa tuhannya, misalnya

UTS Short Story BSI'13 UIN SGD BDG

Firly Yunanda Damanik 1135030088 Class-3C UTS 1.       A. “Indian camp” menceritakan tentang seorang anak   bernama Nick dan ayah nya yg berprofesi sebagai dokter yang sedang ingin pergi memancing. Ketika mereka berhenti disebuah danau, nick melihat ada sebuah percampingan dan diantara orang-orang camping itu salah satu dari mereka datang meminta pertolongan dan Nick un mendatangi ayah nya untuk menyampaikan jika ada diantara org yang berada di camp itu meminta pertolongan kepadanya.   Ayah Nick pun mendatangi camp tersebut, ternyata ada seorang wanita indian yg sedang akan melahirkan. Tanpa berfikir panjang ayah Nick langsung melakukan pertolongan kepada wanita indian tersebut hal itu disaksikan langsung oleh Nick. Nick bertanya pada ayahnya, apa yang terjadi pada wanita itu ayah, ayah nick mengatakan jika wanita itu akan melahirkan sebuah bayi, Ayah nick memerintahkan nick untuk segera mengambil air hangat dan keperluan sebagainya. Wanita yang ingin melahirkan tersbut t

Lantas, Kita Harus Bersyukur

            Setelah beberapa tahun yang lalu, masih sama di bulan ramadhan. Beda nya waktu itu bukan di depan umum, tapi secara pribadi seorang bapak yang datang kesekolah karena kasus anaknya yang selalu menggunakan sepatu bewarna , ternyata beliau tidak memiliki uang untuk membelikan sepatu, lalu curhatan demi curhatan pun muncul. Hari ini mungkin dalam waktu yang sama, dan lagi-lagi mungkin tuhan ingin menunjukkan seberapa besar kita harus bersyukur. Sore ini tepatnya dalam sebuah rapat pertemuan orang tua wali murid, guru yang bersangkutan dan murid kelas 6 SD. Pada saat itu, kebetulan aku diundang untuk mendampingi ibu   Nur dalam menyampaikan hasil Kelulusan Ujian Nasional.Aku duduk disebalah ibu Nur,ku lihat dari setiap sudut bola mata yang hadir di depan ku penuh cemas dan harapan. Ada harapan-harapan yang indah disana, terlebih harapan akankah buah hati mereka mampu merubah hidup yang penuh lika liku ini. Lalu setelah kata demi kata muncul dari ibu Nur, tibalah pada sesi a